Pengalaman Estetis

Pameran Red Soldadu -Cijantung


ini bukan pertama kalinya saya datang ke pameran seni. namun pameran ini yang cukup membuat saya berkesan. kenapa? karena karya pada pameran ini dibuat hanya dari tangan mahasiswa. dalam arti bukan yang expert dalam bidang seni,  itu yang membuat saya cukup kagum kepada para seniman yang sudah memajangkan hasil karyanya di Red Soldadu. saya menjadi terpacu dan termotivasi setelah datang dari pameran ini. 

dalam pameran ini banyak karya yang dipajang. tidak hanya lukisan realism, rapi juga ada abstrak, hyper realism, colage art, bahkan hingga patung. bahkan dalam beberapa karya ada senimannya yang umurnya lebih muda dari saya, namun karyanya begitu diluar nalar. bikin bertanya dalam pikiran kita, kok bisa ya?

ada satu karya yang menurut saya memiliki arti mendalam. karya kolase ini dibuat oleh daffa. sang pembuat tidak memberi tahu secara detail maksud dari kolase tersebut. dia ingin agar para penonton punya spekulasi sendiri terhadap karyanya. pada kaya itu terdapat tubuh wanita untuk objek utamanya didukung dengan naungan tangan, payung, bunga, rokok, bulan, dll. pembuat yakin bahwa setiap orang yang melihat karyanya memiliki pendapat yang berbeda beda. dan itu yang membuat karya ini begitu menarik.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Menurut Kalian, Mengapa Kita Perlu Hidup dan Hadir di Kuliah DKV Unindra?

Goldblatt, David – Aesthetics

Teori Mimesis dan Significant Form